Selasa, 17 Februari 2015

Mengenal Saluran Pencernaan Manusia

Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia memerlukan asupan makanan bagi tubuh. Makanan yang dikonsumsi harus melalui proses pencernaan terlebih dahulu agar makanan tersebut menjadi sari-sari makanan yang nantinya akan di serap oleh tubuh. 

Organ sistem pencernaan tersusun oleh rongga mulut, esofagus atau kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum dan anus. Di dalam rongga mulut terdapat beberapa komponen seperti gigi, lidah dan kelenjar ludah. Setelah melewati rongga mulut, makanan akan melewati esofagus atau lebih dikenal sebagai kerongkongan sebagai jalan atau tempat yang dilalui makanan untuk bisa sampai ke lambung. 

Lambung merupakan bagian saluran pencernaan makanan yang melebar. Usus halus merupakan organ pencernaan yang harus dilalui setelah melewati lambung. Usus halus sendiri memiliki panjang sekitar enam sampai delapan meter. Di dalam usus besar terdapat bakteri yang baik bagi sistem pencernaan manusia.

Gangguan Saluran Pencernaan


Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap proses mempunyai kemungkinan untuk ada gangguannya. Hal tersebut juga terjadi pada proses pencernaan tubuh kita. Terdapat beberapa gangguan saluran pencernaan manusia. 

Apabila terdapat kelainan pada lambung, itu akan menghambat proses pencernaan kita. Lambung menghasilkan kelenjar lambung yang nantinya menjadi asam lambung yang mana berfungsi sebagai pembunuh kuman dan penghancur makanan. 

Dapat dibayangkan apabila makanan yang dicerna tidak terkena asam lambung. Salah satu tugas dari usus halus adalah menyerap sari-sari makanan. Jika terdapat gangguan pada usus halus maka sari-sari makanan tersebut akan terbuang sia-sia.



Mencerna makanan merupakan salah satu kegiatan yang penting dari sistem yang ada pada tubuh kita. Kegiatan mencerna makanan bertujuan agar tubuh mendapatkan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Sari-sari makanan tersebut nantinya akan diubah yang nantinya akan menghasilkan energi. Sehingga kita dapat menghasilkan berbagai macam kegiatan. Selain itu, sistem ini penting untuk menbuang sisa-sisa dari pembentukan sari makanan agar tidak membahayakan tubuh. 

Dengan kata lain dapat diartikan sebagai membuang kotoran agar tidak terjadi endapan. Hal tersebut merupakan beberapa fungsi pencernaan.

Penyakit Pada Saluran Makanan


Saluran makanan pada organ pencernaan manusia tidak selamanya dalam keadaan yang baik apabila kita tidak menjaganya. Banyak macam penyakit pada saluran pencernaan manusia yang akan timbul apabila kita tidak memperhatikan makanan yang kita konsumsi. 

Mulai dari kolik, diare, usus buntu, gastritis, gastroenteritis, peritonitis, tukan lambung, parotitis, malabsorpsi, sirotis dan malnutrisi merupakan beberapa penyakit yang dapat terjadi pada saluran pencernaan makanan. 

Dari beberapa contoh gangguan yang dapat timbul pada saluran pencernaan kita, diare merupakan penyakit yang paling sering terjadi. Hal ini dikarenakan manusia tidak menjaga kebersihan makanan yang diasup.

Mengunyah Makanan Dengan Benar


Mengenal saluran pencernaan manusia membuat kita berhati-hati untuk untuk mengunyah makanan. Karena untuk mendapatkan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh harus melewati sistem pencernaan. 

Makanan yang masuk kedalam rongga mulut akan dikunyah. Dalam proses pengunyahan ini, makanan akan berpindah tempat dengan bantuan lidah. Gerakan lidah ini dimaksudkan untuk mencampurkan ludah dengan makanan dan mendorongnya ke kerongkongan. Saat mengunyah itulah lidah mengeluarkan enzim yang bermanfaat bagi tubuh.

Sejatinya kebutuhan akan tubuh kita cukup jika kita mengunyah makanan dengan lembut dan lama. Kisarannya 32 kali. Enzim yang dikeluarkan kelenjar lidah akan optimal. Tapi dengan mengunyah 32 kali makanan jadi terasa hambar. Selera makan jadi berkurang. 

Sebagaimana dikutip dari detikHealth kamis, 9/12/2010, mengunyah makanan cukup dengan 10-12 kali. Pada angka itu enzim sudah keluar dan pada batas toleransi pencernaan manusia. Intinya jangan makan terburu-buru dan cepat. Hanya dengan 1-2 kali mengunyah terus ditelan.

Setiap orang harus mengetahui sistem pencernaan manusia dan fungsinya agar mereka paham akan kondisi mereka sendiri. Sistem pencernaan juga terjadi pada lambung, di dalam lambung terdapat asam lambung yang berisikan dengan enzim-enzim pencernaan

Enzim pencernaan ini dapat berfungsi sebagai pembunuh kuman yang akan masuk ke lambung. Asam lambung juga dapat mengubah makanan menjadi bentuk yang lebih kecil. Hai ini bertujuan agar hasil bentukan tadi dapat mudah masuk ke dalam usus halus. 

Di usus halus makanan akan dinetralkan dari asam lambung. Pada usus besar tidak terjadi penyerapan sari-sari makanan. Di tempat ini hanya akan terjadi penyerapan air sehingga menghasilkan feses. Hasil-hasil dari proses pencernaan makanan akan dikeluarkan melalui anus dalam bentuk feses.

Fiber For Our Life

Fiber For Our Life atau yang disingkat Fiforlif adalah komposisi nutrisi yang dibutuhkan oleh pencernaan kita. Fiber atau serat adalah makanan yang banyak terdapat pada buah dan sayuran. Dengan makan-makanan yang berserat akan membuat system pencernaan tetap sehat. Makanan berserat juga memberi efek pada rasa kenyang yang agak lama. Sehingga keinginan untuk mengkonsumsi makanan bisa dikendalikan. Sehingga berat badan tetap terjaga.

Buah yang banyak mengandung serat tinggi adalah kiwi hijau, apel, pisang, jeruk, stroberi dan blueberry. Ada satu lagi buah yang terbaik di dunia yakni Goji Berry. Sayangnya buah langkah ini hanya tumbuh subur di pegunungan Himalaya. Goji Berry memiliki kandungan nutrisi terlengkap. Kandungan seratnya juga sangat tinggi. Buah ini merupakan rahasia pengobatan cina selama ratusan tahun.

Efek dari makan makanan berserat adalah buang air besar lancar. Sehingga terhindar dari penumpukan sisa-sisa makanan yang tidak terserap oleh usus dan menjadi sumber penyakit. Juga mampu menghindarkan dari sakit wasir.

Salam harmonis. Semoga bermanfaat. (*)


Agen Resmi ABE, SMS/WA: 0816520973. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon