Kamis, 26 Maret 2015

Masuk Angin Jenis Penyakitkah?

Masuk angin adalah kondisi dimana gas yang berkumpul di dalam tubuh tersebar tidak merata. Penyebab dari masuk angin ini sendiri dikarenakan tubuh yang terkena udara yang dingin dan berlebihan.

Udara yang dingin dapat berasal dari udara dengan suhu yang dingin, kehujanan dan berada di ruang AC dalam waktu yang cukup lama. Mengendari motor jarak jauh tanpa jaket dan pelindung dada juga dipercayai sebagai penyebab masuk angin. Gejala masuk angin biasanya ditandai dengan tidak enak badan yang tidak jelas, pegal linu, capek, pusing, mual dan diare.


Mengkonsumsi Jahe

Jika gejala masuk angin telah dirasakan, mereka akan mengatasinya dengan mengkonsumsi obat-obatan dengan ramuan tradisional. Mengkonsumsi jahe dengan air hangat-panas dipercaya sebagai cara mengatasi masuk angin. Obat masuk angin tradisional dengan bahan herbal yang ada di pasaran juga telah banyak beredar dan dipercaya dapat mengatasi masuk angin.

Kandungan jahe yang terdapat di ramuan tersebut dapat menghangatkan tubuh dari rasa dingin. Rasa inilah yang dapat membuat penderita merasa nyaman dari rasa dingin dan mual. Banyak orang yang mempercayakan masuk angin dengan ramuan herbal kemasan yang ada di pasaran. Obat ini aman untuk dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan efek bagi seseorang yang mengkonsumsinya dalam waktu yang lama.

Sakit Ringan dan Jangan Diabaikan

Masuk angin jenis penyakitkah? Masuk angin bisa dikategorikan sebagai penyakit. Karena masuk angin mengakibatkan rasa sakit. Namun hal ini merupakan penyakit yang mudah dialami. Cara mengatasinya juga tidak memerlukan obat-obatan kimia. Juga tidak perlu penanganan secara khusus. Selain mengkonsumsi obat masuk angin, ada pula yang menanganinya dengan melakukan pemijatan dan kerokan.

Cara mengatasi masuk angin dengan kerokan dinilai ampuh dan cepat. Mereka percaya dengan melakukan kerokan dapat melancarkan peredaran gas yang ada di dalam tubuh. Tetapi tidak semua orang melakukan hal ini karena kondisi kulit mereka yang sensitif.

Pada saat melakukan terapi ini, kulit akan terlihat merah dan cenderung menghitam. Keadaan ini yang menandakan jika mereka mengalami masuk angin. Namun, kejadian tersebut hanya dipercayai oleh kalangan tertentu. Mereka hanya yakin jika masuk angin dapat diatasi dengan cukup mengonsumsi obat herbal yang telah beredar di pasaran.

Mitos Angin Duduk

Sebagian masyarakat awam percaya dengan tidak menangani masuk angin dengan segera dapat meninggal mendadak. Keadaan yang secara tiba-tiba ini juga dapat didasari karena alasan penyakit jantung.

Mereka meyakini jika masuk angin yang terjadi terus menerus dapat menimbulkan gas masuk ke jantung dan memenuhinya dengan gas tersebut. Kondisi semacam ini dikenal sebagian masyarakat sebagai angin duduk. Istilah ini memang tidak ada dalam dunia kedokteran.

Tapi masyarakat yakin bahwa itu memang benar adanya. Yang sering terserang angin duduk adalah mereka yang yang tidak tidur berhari-hari dengan perut kosong dan cuaca yang tidak bagus. Diperparah oleh kelelahan yang menderahnya dan kondisi tubuh yang sedang tidak fit.

Beberapa kasus yang terkena angin duduk adalah penjudi. Mental seorang penjudi adalah selalu penasaran. Meski kalah tetap dilanjutkan. Meski harus mempertaruhkan yang dimilikinya. Ini dilakukan sampai menang.

Meski seringkali justu berakhir kalah besar. Jika sudah menangpun masih ingin menang lebih besar. Bahkan tidak mengindahkan rasa lapar, capek dan ngantuk. Syaraf-syarafnya menegang. Jantungnya berdeguk keras. Dan emosi yang tidak stabil. Parahnya, minuman beralkohol kerap menemaninya. Mereka bisa melakukan berhari-hari tanpa tidur.

Kasus lain yang sering terjadi adalah nelayan. Saat melaut, dalam kondisi yang lelah, cuacu buruk, perut kosong dan ada riwayat sakit jantung, tiba-tiba pingsan. Pertolongan pertama dilakukan seadanya. Pertolongan medis saat ditengah laut tidak mungkin dilakukan. Dan biasanya berakhir dengan kematian.

Juga banyak kasus kematian lain yang dipercaya sebagai serangan angin duduk.

Meski demikian benarkah beberapa kasus kematian yang dipercaya sebagai serangan angin duduk benar adanya. Wallahul Alam. Masyarakat mempercayainya. Meski dunia medis meragukannya.

Salam harmonis. Semoga bermanfaat. (*)


Agen Resmi ABE, SMS/WA: 0816520973. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon