Sabtu, 21 Maret 2015

Tips Mencegah Kista Ovarium

Apa itu Kista Ovarium


Pengertian Kista Ovarium adalah sejenis tumor berupa kantong atau gelembung yang berisi cairan yang terdapat dalam indung telur (ovarium). Kista ovarium tergolong tumor jinak. Obat kista ovarium tidak dibutuhkan jika bersabar menunggu kempis dengan sendirinya. Durasinya antara 2-3 bulan. Meski demikian menahan sakit selama itu sungguh mengganggu aktivitas sehari-hari. Juga dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga. Terasa sakit jika berhubungan suami isteri. Sungguh tidak bijak membiarkan kista tumbuh dan berkembang. Meski akan sembuh dengan sendirinya.



Ketidaknyamanan yang dirasakan adalah terasa nyeri pada bagian bawah perut. Saat menstruasi terkadang terjadi pendarahan hebat. Karena itu sebelum tumbuhnya kista sebaiknya melakukan pencegahan lebih dini. Dengan menjaga gaya hidup sehat bisa memperkecil peluang terkena kista.

Mencegah Kista Ovarium

Berikut tips mencegah kista ovarium :

  1. Kurangi makanan yang berkadar lemak tinggi. Konsumsi lemak dalam jumlah besar dapat menyebabkan gangguan hormn dan meningkatkan cortisol. Cortisol adalah hormon yang menyebabkan stress dan galau.

  2. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang mampu menetralisir bahan kimia yang masuk dalam tubuh. Juga dapat meningkatkan stamina tubuh.

  3. Konsumsi makanan yang mengandung aktioksidan. Makanan ini berfungsi melawan radikal bebas yang mungkin dihasilkan oleh polusi udara. Debu. Juga bahan kimia lainnya yang adalah dalam makanan.

  4. Menjaga pola hidup sehat. Hindari kebiasaan yang kurang sehat. Kebiasaan yang kurang sehat diantaranya adalah merokok dan minum minuman beralkohol. Dan berolahragalah secara teratur. Tidak perlu lama. Rutin.

  5. Mencari tahu riwayat kista secara genetik. Jika ada garis keturunan terkena kista, maka ada peluang untuk terkena juga. Para ahli masih memperdebatkan. Namun jika faktor genetis juga menjadi penyebab maka bisa dihindari dengan menerapkan gaya hidup sehat.

  6. Bagi yang sudah menikah sebaiknya jangan tunda kehamilan. Terjadinya kista salah satunya disebabkan oleh frekwensi menstruasi aktivitas hormon. Saat hamil menstruasi berhenti dan bisa menhentikan tumbuhnya kista.

  7. Menjaga kebersihan organ intim kewanitaan. Sebagian besar penyakit yang berhubungan dengan organ intim kewanitaan disebabkan karena infeksi yang menyuburkan perkembangbiakan mikroorganisme. Menjaga kebersihan dapat mencegah berkembangnya microorganisme tersebut. Gunakan Tissue Double Majakani rekomendasi Boyke.

Makanan Pencegah Kista Ovarium

Selain tips pencegahan diatas, penderita kista atau untuk mencegah timbulnya kista diperlukan asupan yang sesuai kandungan gizinya. Makanan yang dapat mencegah kista ovarium. Yakni :

  1. Salmon. Ikan jenis ini kaya akan asam lemak Omega 3 dan rendah indeks glikemik. Salmo tidak hanya baik untuk jantung. Juga dapat meningkatkan kadar hormon endrogen pada wanita.

  2. Selada. Selada dapat mencegah terjadinya resistensi insulin yang menjadi penyebab kista ovarium.

  3. Kayu Manis. Kayu manis selain dapat menurunkan berat badan juga dapat menurunkan  tingkat insulin dalam tubuh.

  4. Brokoli Hijau. Tumbuhan ini ini kaya akan vitamin dan rendah kalori dan indeks glikemik. Selain itu brokoli juga dapat membantu diet. Dapat mempercepat menurunkan berat badan.

  5. Tomat. Selain dapat mencegah kista, tomat juga rendah indeks glikemik dan kaya akan likopen. Juga mampu mencegah penuaan dini.

  6. Susu. Susu dapat membantu pematangan sel telur. Selain itu juga dapat meningkatkan folikel dalam ovarium dan memperkuat tulang. Secara rutin minum 2 gelas sehari susu skim dapat membuat tubuh tetap fit dna sehat.

  7. Bayam. Bayam adalah sayuran yang sangat rendah kalori dan memiliki gizi tinggi. Wanita yang megalami kista ovarium disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori rendah untuk menginduksi ovulasi dan menghindari infertilitas karena obesitas.

  8. Kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yang bagus adalah Almon dan hazelnut. Berfungis mengontrol resistensi insulin. Juga baik untuk kesehatan jantung.

Makanan yang Harus Dihindari

Selain makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, penderita kista sebaiknya menghindari makanan-makanan yang berpotensi memperparah keadaan. Berikut makanan yang harus dihindari:

  1. Hindari sayuran tauge, sawi putih dan kangkung. Makanan ini berpotensi mempercepat pertumbuhan sel. Dikhawatirkan akan membuat pertumbuhan kista semakin parah.

  2. Hindari makanan yang mengandung alkohol. Alkohol dapat membantu pertumbuhan sel kanker. Makanan ini terdapat pada buah durian, nangka, nanas, kelengkeng, duku dan anggur.

  3. Hindari minum minuman yang beralkohol dan bersoda. Minuman bersoda juga berpotensi mempercepat pertumbuhan sel kanker.

  4. Hindari makan-makanan yang berasal dari unggas yang diternak. Dalam hal ini adalah unggas yang diternak dengan makanan dan suntikan yang mengandung bahan-bahan kimia. Juga termasuk telor yang dikembangkan dengan obat-obatan. Hormon yang disuntikkan pada unggas akan mempengaruhi pertumbuhan sel kanker.

Mencegah Kista dengan Herbal

Berikut 2 produk Herbal rekomendasi Boyke yang dapat mencegah dan mengobati Kista Ovarium.
  • Lady Fem. Dapat mencegah dan menyembuhkan kista juga merapatkan dan membersihkan dinding-dinding rahim. Selain itu juga mampu mengembalikan sistem kerja organ intim wanita seperti halnya menormalkan kembali siklus menstruasi yang terganggu. Cara kerjanya adalah dengan mengembalikan dan meremajakan fungsi hormon dalam tubuh.

  • Tissue Double Majakani. Berbentuk tissue. Berfungsi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim wanita seperti menghilangkan keputihan dan bau tak sedap pada organ intim. Organ intim akan terasa kesat dan sensitif. Saat berhubungan intim juga terasa lebih nikmat.




Agen Resmi ABE, SMS/WA: 0816520973. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon