Senin, 31 Agustus 2015

Cara Menggapai Keluarga Samara

Menikah adalah keinginan dan harapan setiap orang, entah sekarang, maupun nanti. Menikah, menjalani kehidupan baru untuk melanjutkan sisa hidup, merupakan sebuah suratan. Namun, setiap orang tentunya tidak hanya sekedar ingin menikah saja, tapi juga ingin menggapai keluarga sakinah mawadah wa rahmah (Samara).




Jika kita bisa mendapatkan keluarga yang samara, maka kita juga akan mendapatkan kebahagian lahir dan batin. Keluarga samara menunjukkan kalau terwujudnya rasa kasih sayang dan saling memiliki antar pasangan dimana, rasa kasih sayang tercurah sangat besar dalam hubungan rumah tangga mereka. Karena itulah, doa yang terlontar saat menghadiri pernikahan yang paling umum adalah ‘semoga menjadi keluarga sakinah mawadah wa rahmah’.

Tujuan Rumah Tangga

Untuk membentuk keluarga samara, memang tidak mudah. Tapi jika kita bisa menggapai keluarga samawa, maka kita akan mendapatkan kebahagian. Baik secara individu maupun secara keluarga atau pasangan. Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang keluarga samawa, sebaiknya kita mengetahu tujuan dari berumah tangga terlebih dahulu.

Tujuan rumah tangga sendiri adalah sebagai bentuk ibadah untuk menyempurnakan agama. Tapi, bukan hanya itu, karena berumah tangga atau menikah sebenarnya dilakukan untuk memenuhi tuntunan naluri manusia, karena pernikahan pada dasarnya memang menjadi fitrah manusia. Selain itu, berumah tangga juga untuk menjaga pandangan mata dan juga bisa membuat kita belajar tentang saling menyayangi maupun juga tanggung jawab.

Arti Sakinah Mawadah Warahmah

Seperti disebutkan diawal, bahwa berumah tangga tidak hanya sekedar rumah tangga saja, tapi mencapai keluarga yang samawa. Untuk bisa menggapai keluarga samawa, kita perlu mengetahui pengertian sakinah, mawadah wa rahmah.

Sakinah berarti pernikahann yang dijalani membuat hati menjadi tenang, aman dan juga tentram. Jadi, hati tidak menjadi ragu atau galau dengan pernikahan yang dijalani.

Mawadah sendiri artinya pernikahan itu dipenuhi dengan cinta antara sepasang suami istri. Walaupun cinta merupakan dorongan nafsu, namun keberadaannya penting dalam rumah tangga.

Sedangkan warahmah artinya terdapat rasa kasih sayang dan juga rela berkorban antara pasangan.

Cara Menggapai keluarga Sakinah Mawadah Warahmah

Ada 5 cara menggapai keluarga samara yang bisa dilakukan:

Pertama, taqwallah. Yaitu meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT sehingga Allah akan selalu membukakan pintu rezekinya untuk kita.

Kedua, lisanul haq. Menjaga lisan. Berarti jujur dengan pasangan masing-masing serta tidak akan berkata kasar bahkan menghina pasangan masing-masing.

Ketiga, katsrotul ilmi. Menambah pengetahuan agama. Karena dalam agama kita bisa menemukan aturan dalam berumah tangga agar mencapai kebahagiaan dunia akhirat.

Keempat, wad’ul adhalah wal amanah. Bersikap adil dan amanah serta jangan hanya menuntut hak, tapi lakukan juga kewajiban.

Terakhir, tarkul ma’asyi wal munkarot. Meninggalkan kemaksiatan dan juga kemungkaran karena akan menghalangi ketenangan atau sakinah.

Itulah cara mewujudkan keluarga samara yang bisa dilakukan. Tidak mudah memang, tapi akan membahagiakan bagi kita.

Semoga manfaat

Agen Resmi ABE, SMS/WA: 0816520973. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon