Rabu, 02 September 2015

Jenis-jenis Batu Akik dan Sejarahnya

Jenis-jenis batu akik dan sejarahnya. Saat ini batu akik muncul sebagai fenomena yang menarik di Indonesia. Banyaknya batu akik memang sangat wajar, mengingat di Indonesia yang terdapat banyak sekali batuan yang mengendap di daerah-daerah terpencil. Tak heran, banyak juga yang menyebut batu akik kekayaan alam Indonesia karena hal itu.



Sejarah batu akik mengatakan bahwa orang zaman dulu, menggunakan batu akik karena berkaitan dengan hal-hal mistis. Tak heran bila kakek atau orang tua kita mempunyai banyak sekali batu akik yang memang digunakan dulu untuk tujuan metafisik.  Tak sedikit pula, yang hanya mengoleksi batu akik hanya untuk hobi semata.

Banyak sekali yang tidak menyangka bahwa batu akik saat iniakan booming. Banyak sekali orang yang rela membeli batu akik, bahkan dengan harga yang fantastis. Hal tersebut memang sedikit wajar, karena batu akik memang tidak mudah untuk mendapatkannya. Butuh waktu ratusan hingga ribuan tahun untuk menghasilkan batu akik dengan pola atau corak yang bagus dan indah.

Banyak orang yang mengklaim bahwa mereka ingin mempunyai atau mengoleksi batu akik sekarang karena artistik batu akik sendiri yang memiliki pola atau corak yang khas buatan alam. Pola dan corak yang khas inilah yang menjadi inti mengapa batu akik harganya begitu mahal. Namun, bagi anda yang hanya ingin sekedar memiliki batu akik, tersedia juga batu akik dengan harga yang terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga 1 juta rupiah.

Sejarah batu akik dan jenis-jenisnya memang dimulai dari ribuan tahun yang lalu. Banyak yang mengatakan bahwa batu akik terjadi karena percampuran magma yang mengalir dari kawah gunung yang meletus, mengendap karena air hujan yang turun, sehingga magma yang panas lama-kelamaan akan membeku, dan menjadi batu-batuan yang memiliki warna tertentu yang kita kenal sebagai batu akik di waktu ini. Memang banyak sekali jenis-jenis batu akik yang tersedia atau dijual di pasaran. Batu-batu akik tersebut terkadang diberi nama sesuai dengan warna atau daerah ditemukannya batu akik.

Di Indonesia, ada beberapa jenis batu akik yang populer, antara lain batu Kalimaya. Batu Kalimaya berasal dari kecamatan Maja, Kabupaten Lebak yang memiliki karakteristik yang khas. Batu Kalimaya ini ditaksir berharga sekitar 200 juta rupiah.

Kemudian ada juga Batu Bacan. Batu Bacan ini berasal dari Pulau Bacan yang terletak diHalmehera Selatan. Batu Bacan ini juga terkenal mahal, harganya bahkan bisa sampai ratusan juta rupiah. Namun, ada juga beberapa jenis batu akik yang memiliki motif atau tulisan yang terdapat di dalam batu akik tersebut. Motif ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli yang ingin memilikinya. Batu jenis ini disebut-sebut tergolong ke dalam batu akik paling mahal di dunia. Bila motif atau tulisannya bagus, batu ini bahkan bisa mencapai miliaran rupiah.

Agen Resmi ABE, SMS/WA: 0816520973. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon