Jumat, 06 November 2015

Belajar Dari Semut

Pernahkah kita memperhatikan kehidupan semut? Semut adalah jenis serangga kecil yang dikaruniakan kepadanya peradaban tingkat tinggi yang sangat menginspirasi. Tak banyak dari kita yang mengerti akan arti sebenarnya dari kehidupan.

Banyak hal yang terjadi dalam hidup kita seiring dengan berjalannya sang waktu, seperti merasakan kegagalan, atau menyerah pada sebuah kekalahan, dan semestinya kita harus bisa berkaca bahwa hidup itu tidak selalu mudah, terkadang ada rintangan dan hambatan di dalamnya.



Mari kita belajar dari sosok sang semut, sosok yang kecil dan sering dianggap sepele ini ternyata dapat menjadi sumber inspirasi dalam kehidupan kita.

Pertama, semut mempunyai semangat pantang menyerah dalam hidupnya. Cobalah menghalangi jalannya, tak akan kita lihat dia lari tunggang langgang karena takut, ataupun diam menunggu sampai jalannya kembali terbuka. TIDAK!! Dia akan berusaha mencari jalan yang lain, meskipun jalan tersebut berbahaya dan beresiko tinggi, dia akan terus berusaha mencari jalan untuk mencapai tujuannya. Dari sini kita bisa belajar, bahwa dalam mencapai sebuah tujuan terkadang ada hambatan dan cobaan, tetapi kita tidak boleh mudah menyerah dan harus bisa menghadapinya.

Kedua, semut memiliki jiwa kerjasama yang tinggi. Jika semut menemukan sebuah makanan yang besar, dia akan mengundang teman-temannya untuk membantunya membawa dan menggotong makanan tersebut. Mereka memiliki kekompakan dan solidaritas yang tinggi, tidak ada yang ingin menang sendiri, semua selalu bekerjasama demi bisa menyelesaikan pekerjaan yang mereka lakukan.

Ketiga, mereka selalu menghormati terhadap sesama. Perhatikanlah, bila satu semut bertemu dengan semut yang lain maka mereka akan saling menyapa sebagai bentuk pernghormatan satu sama lain. Hal ini justru berbanding terbalik dengan sikap manusia yang terkesan sombong dan angkuh, sering menyakiti terhadap sesamanya.

Keempat, semut itu tertib. Lihatlah ketika semut berjalan bersama koloninya, mereka pasti berbaris, mereka antri, padahal jumlah mereka sangatlah banyak. Semut hidup dalam suatu masyarakat yang tertib dan patuh dengan disiplin aturannya sendiri. Bandingkan dengan kita yang selalu menyerobot antrian dan saling salip menyalip di jalanan.

Itulah semut, yang memiliki sifat yang lebih mulia daripada manusia. Ketegaran, semangat juang, solidaritas, dan saling peduli terhadap sesamanya. Jika kita dapat mengambil hikmah dan menjadikannya sebagai panutan dalam hidup kita, maka kita pun akan menjadi seorang manusia yang sukses dan akan lebih mengerti akan makna dari sebuah kehidupan.

JANGAN PERNAH TAKUT UNTUK GAGAL

Banyak orang mengatakan bahwa sebuah kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Dan banyak orang gagal kemudian berputus asa dan menyerah, karena yang mereka lihat adalah hanya kesuksesan, bukan peluang untuk gagal. Banyak sekali, bila kita mau menelaah kembali, orang-orang yang sukses di sekitar kita, mereka semua berangkat dari yang namanya kegagalan. Kesuksesan yang sesungguhnya bukanlah suatu hal yang instan, melainkan butuh suatu perjuangan, dan inilah yang tidak semua orang bisa melaluinya dengan SABAR. Bersikaplah bijak! Kita bisa belajar dari kegagalan-kegagalan yang pernah kita alami. Kita bisa belajar dari situasi, kondisi, dan masalah yang sedang kita hadapi. Kita bisa belajar banyak hal dalam hidup ini. Sikap kitalah, yang akan menentukan keberhasilan kita ke depan. Dan itulah, yang dilakukan juga oleh semut, KERJA KERAS DAN PANTANG MENYERAH. Dan kita, manusia yang dikarunia akal yang lebih sempurna, seharusnya bisa dan lebih pantas untuk bersabar dan tekun, daripada seekor semut.

Mulai sekarang, singkirkan segala rasa malas atau takut untuk melangkah. Lakukan apa yang bisa dikerjakan hari ini dan jangan tunda-tunda. Kerjakan semaksimal mungkin sehingga dapat memperoleh hasil yang terbaik. Dan janganlah pernah, meremehkan orang lain karena arogansi kita, memandang rendah siapapun karena mereka tidak lebih baik daripada kita dalam persepsi yang kita bangun karena kesombongan yang melekat pada diri kita. Jadilah manusia bijak, sebagaimana bangsa semut yang berhasil menjadi teladan bagi kita semua.

Ini adalah sebuah perjalanan... KEMARIN aku menyangka diujung sana hanya sebuah NEVERLAND, tanah dalam khayalan, kosong, tak ada. SEKARANG perjalanan itu makin pasti, karena aku melihat terang diujung sana, My NEW LAND. Sebuah harapan, keajaiban, mimpi yang menjadi nyata.

Agen Resmi ABE, SMS/WA: 0816520973. Melayani pengiriman via JNE, Pos, Gojek, juga melayani COD


EmoticonEmoticon